Sunday, March 6, 2016

Program Menghitung Volume Kubus dan Luas Bola dengan Menggunakan Bahasa C/C++

Program Menghitung Volume Kubus dan Luas Bola dengan Menggunakan Bahasa C/C++

 
     Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang program menghitung volume kubus dan luas permukaan bola. Untuk memulainya pastikan kalian semua mempunyai aplikasi Dev C++ atau bisa juga di Borland C++.
     Oke langsung saja ke langkah awal, kalian buka dahulu aplikasinya kemudian klik file => project => console application => jika kalian ingin menggunakan basic C++ maka pilihlah yang C++. Selanjutnya berilah nama project kalian terlebih dahulu kemudian save..! Maka monitor akan menampilkan layar lembar kerja baru untuk menuliskan program programnya.
     Nah disini saya sudah membuat programnya namun, untuk pengenalan nama varible itu saya buat nama saya sendiri. Jadi jika kalian ingin membuat program itu silahkan ganti sendiri yah...
seperti berikut program saya..


#include <iostream>

/* run this program using the console pauser or add your own getch, system("pause") or input loop */

using namespace std;

int main(int argc, char** argv) {
    int pilihan;
    cout<<"pilihan 1: menghitung volume kubus\npilihan 2: untuk menghitung luas bola  \n";
    cin>>pilihan;
    if (pilihan==1)
    {
        int Ela,Dwi;
        cout<<"Masukkan sisi kubus =";
        cin>>Ela;
        Dwi=Ela*Ela*Ela;
        cout<<"Volume kubus adalah ="<<Dwi;
        Dwi++;
        cout<<"\nVolume kubus Dwi++ adalah ="<<Dwi;
    }
    else if(pilihan==2)
    {
        double phi,ela,dwi;
        cout<<"Masukkan nilai phi =";
        cin>>phi;
        cout<<"Masukkan jari-jari =";
        cin>>ela;
        dwi=4*phi*ela*ela;
        cout<<"Luas bola adalah ="<<dwi;
        dwi--;
        cout<<"\nLuas bola dwi-- adalah ="<<dwi;
    }

    else cout<<"input yang anda masukkan salah\npilihan 1 untuk menghitung volume kubus\npilihan 2 untuk menghitung luas bola";

    return 0;
}

     Untuk kalian yang menggunakan aplikasi dev c++ jangan lupa untuk menambahkan using namespace stdsetelah Library Functions yah...,soalnya jika tidak kalian harus menambahkan sttd:: agar program bisa di running. Nah untuk hasil runningnya adalah sebagai berikut:

 1. Tampilan pertama berupa pilihan, jika kita ingin menghitung volume kubus maka kita inputkan angka 1. Kemudian kita disuruh menginputkan sisi kubus namun, disini saya menambahkan operator unary di programnya pada bagian hasil. Maka secara otomatis hasil volume kubus akan bertambah 1 karena menggunkan ++.


2. Tampilan kedua berupa pilihan, jika kita ingin menghitung luas bola maka kita inputkan angka 2. Kemudian kita disuruh menginputkan nilai phi dan jari-jari bola namun, disini saya menambahkan operator unary di programnya pada bagian hasil. Maka secara otomatis hasil volume kubus akan berkurang 1 karena menggunkan --.



3.Tampilan ketiga berupa pilihan. Disini kita hanya bisa menginputkan angka 1 dan 2 saj, selain itu salah. Jika kita menginputkan angka selain itu maka akan muncul pernyataan seperti berikut





Sekian program menghitung volume kubus dan luas bola dari saya. Semoga bermanfaat.

0 comments :

Post a Comment