Monday, February 1, 2016

Makalah Pengantar Teknologi Informasi Komponen-Komponen Multimedia "Animasi"


MAKALAH
PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPONEN-KOMPONEN 

MULTIMEDIA
ANIMASI”




OLEH: ELA DWI ANGGRAINI (1500018140 , C)


FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
2015





PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPONEN-KOMPONEN MULTIMEDIA
"ANIMASI”








































KATA PENGANTAR
Assalamuallaikum wr.wb
Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas izin-Nya kami dapat menulis makalh ini dan menyelesaikan tepat pada waktunya.
Dengan ini saya mengucapkan terima makasih kepada orang tua saya yang selalu memberi inspirasi dan semangat kepada saya. Dan yang kedua kepada bapak Yana Hendriana sebagai dosen Pengantar Teknologi Informasi, semoga ilmunya berkah dan bermanfaat untuk saya dan teman-teman kususnya kelas C.
Makalah ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Makalah ini berjudul “Komponen-Komponen Multimedia “Animasi” “. Adapun makalah ini akan membahas tentang multimedia,komponen multimedia, animasi multimedia.
Makalah ini belum sempurna seperti apa yang diharapkan, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan sran dari pembaca sehingga makalah ini menjadi sempurna. Namun , adanya makalah ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pembaca untuk menambah pengetahuan mengenai Multimedia dan Komponen-komponennya.Semoga makalah ini dapat bermanfaat , khususnya bagi penulis serta pembaca dan umumnya masyarkat luas.
Wassalamuallaikum wr.wb


Yogyakarta, Oktober 2015
                                                                                    Penulis


                                                                             Ela Dwi Anggraini
 
I




DAFTAR ISI


Kata Pengantar………………………………………………………………….……....I
Daftar Isi………………………………………………………………………………....…II
BAB 1 PENDAHULUAN………………………………………………………….........III
a.Latar Belakang……………………………………………………………..............…III
b.Tujuan………………………………………………………………….…IV
c.Rumusan Masalah………………………………………………….....IV
BAB 11 PEMBAHASAN
Pengertian Multimedia………………………………………………….…........................1
Komponen yang ada di Multimedia………………………………..…2
a.teks……………………………………………………………...…..2
b.Grafik………………………………………………………………..2
c.Bunyi………………………………………………………………...2
d.Video……………………………………………………………..….3
e.Animasi………………………………………………………….….3
BAB 111 PENUTUP
Kesimpulan ………………………………………………………………...8
DAFTAR PUSTAKA…………………………………….……………………...…9






II





BAB 1 PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Teknologi multimedia lahir dari hasil perpaduan antara kemajuan teknologi elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur - unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang sangat inovatif antara komputer dengan user. Teknologi Multimedia merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.










III





  1. Tujuan
  1. Agar mahasiswa mengerti arti dari multimedia
  2. Agar mahasiswa mengerti komponen-komponen multimedia
  3. Agar mahasiswa mengerti macam-macam animasi




  1. Rumusan Masalah


  1. Apakah pengertian dari multimedia
  2. Apa saja komponen-komponen multimedia
  3. Apa saja macam-macam animasi






























IV 




BAB 11 PEMBAHASAN
  1. Pengertian Multimedia
Panduan untuk menguassai multimedia harus dimulai dengan definisi multimedia. Multimedia diambil dari kata multi da media . Multi berarti banyak dan media berarti media atau perantara. Multimedia adlah gabungan dari beberapa unsur yaitu teks,grafik, suara, video dan animasi yang menghasilkan presentasi yang menakjubkan, Multimedia juga mempunyai komunikasi interaktif yang tingii. Bagi pengguna computer multimedia dapat diartikan sebagai informasi computer yang dapat disjaikan melalui audio atau video,teks, grafik da animasi. Dalam industry elektronika, Multimedia adalah kombinas dari computer dan video (Rosh, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCpormick, 1996) atau Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio(suara, music),animasi,video,teks, grafik dan gambar(Turban dkk,2002)atau Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,grafik, audio, dan gambar video(Robin dan Linda,2001).
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada computer yang mengkoordinasikan apa yang dilihta dan didengar, yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada link yang mneghubungkan kita dengan informasi.Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan komunikasi informasi dan ide kita sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada makan bukan multimedia dalam arti luas namanya.










1
  1. Komponen yang ada di Multimnedia
Definisi multimedia di bab sebelumnya menekan pentingnya peran yang dimainkan link dalam menyediakan jalan bagi pengguna unuk berinteraksi dan melakukan navigasi. Bab ini akan menjelaskan definisi objek-objek link tersebut dengan mengurai multimedia melalui pendekatan taksonomi. Terdapat enam jenis objek: teks, grafis, bunyi, video, dan animasi.Peran masing-masing objek dalam kesseluruhan system multimedia dijelaskna dalam bab ini. Namun, disini saya akan membahas lebih spesifik mengenai animasi.
  1. Teks
Bentuk data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenalkan adalah teks. Teks merupakan yang paling dekat dengan kita dan yang paling banyak kita lihat. Teks dapat berbentuk kata, surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita.Kebutuhan teks bergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Macam-macam teks seperti: teks cetak, teks hasil scan,electronic text, dan hyperteks.
  1. Grafik
Secara umum. grafik berarti gambar atau garis (line drawing)Manusia sangat berorientasi pada visual (visual oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Grafik merupakan komponen penting dalam multimedia. Macam-macam garfik seperti: gambar vector, clip art, gambar bitmap, digitized picture,dan hyperpicture.
  1. Bunyi
Bunyi dapat lebih memperjelas pengertian yang ditampilkan dalam teks dan video. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Bunyi dapat memberikan lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect). Macam-macam objek bunyi seperti: format waveform audio, aiff, datt, ibf, mod, rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI sound track, compact disc audio, dan MP3 file.






2
  1. Video
Video adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid, sinyl elektronik, atau media digital. Video juga bias dikatakan sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dlam suatu waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame rate, dengan satufps. Macam-macam video seperti: live video feeds, videotape, videodisc, dan digital video.
  1. Animasi
Animasi berarti gerakan image atau video, contohnya gerakan orang yang melakukan suatu kegiatan. Konsep dari animasi adalah sulitnya menggambarkan informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan gambar, juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi. Arsip animasi memerlukan penyimpanan yang j auh lebih besar dari pada satu gambar.Macam-macam animasi seperti berikut:
  1. Animasi Sel(Cell Animation)
Kata “Cell” berasal dari kata “celluloid”, yang merupakan material yang digunakan untuk mambuat film gambar bergerak pada saat awal. Sekarang, material film dibuat dari asetat (acetate), bukan celluloid. Potongan animasi dibuat pada pada sebuah potongan asetat atau sel(cell). Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebua frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk masing-masing objek yang bergerak secara mandiri diatas latar belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gamabr yang berubah antara frame yang beurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang sel latar belakang dan sel di atasnya.



3

Misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan pada lembaran berikutnya, selanjutnya membuat karakter ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Diantara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disisipi efek animasi agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframr. Selain dengan keyframe, proses dan terminology animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
  1. Animasi Frame(Frame Animation)
Animasi frame merupakan bentuk animasi yang paling sederhana. Diumpamakan anda mempunyai sebuah buku yang mempunyai gambar berseri di tepi halaman berurutan. Bila jempol anda membuka buku dengan cepat, maka gambar kelihatan bergerak. Pada computer multimedia, animasi buku tersebut m,enampilkan sebuah gambar yang berurutan secaracepat. Antara gambar satu(frame satu) dengan gambar lain(frame lain) berbeda. Kalau kita bayngkan bagaimana film tradisional itu diputar dibioskop, maka dapat kita pahami bagaimana cara kerja frame animation secara lebihbaik. Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak melalui proyektor filmdengan kecepatan sekitar 24 frame per detk. Kita bias menangkap adanya gerak di layar karena setiap frame yang bersangkutan muncul. Mengapa 24 frame perdetik? Karena kecepatan itu merupakan amabang batas, kurang dari itu maka yang akan kita lihat di layar adalah gambar yang kabur.
  1. Animasi Sprite(Sprite Animation)
Animasi sprite serupa dengan teknik animasi tradisional, yaitu objek yang diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik drngan latar belakang diam. Sprite adalah setiap bagian dari animasi anda yang bergerak mantul atau logo berputar.

4
Sprite beranimasi dan bergerak sebagai objek mandiri.
Dalam animasi sprite, sebuah gambar tunggal atau berurutan dapat ditempelkan dalam sprite. Sprite dapat dianimasikan dalam satu tempat, seperti halnya planet berputar atau burung bergeak sepanjang garis lurus. Animasi sprite berbeda dengan animasi frame. Dalam urutan masing-masing frame, Anda hanya dapat memperbaiki dari layar yang mengandung sprite. Anda tidak dapat memperbaiki bagian dalam yang ditampilkan layar unutk masing-masing frame, sperti yang dapat anda kerjakan pada animasi frame.
  1. Animasi Lintasan(Path Animation)
Animasi lintasan adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis kurva yang anda tentukan sebagai lintasan. Animasi ini sangat memnbantu jika anda membuat animasai kereta api, pesawat terbang dan kamera yang bergerak pada lintasannya. Kadangkala animasi sprite disebut juga animaasi lintasan., jika anda meletakkan sprite yang bergerak sepanjang garis kurva sebagai lintasan. Sprite yang bergerak sepanjang lintasan terseut dapat tunggal, bitmap pejal yang tidak berubah atau dapat berupa bitmap yang diurutkan sehingga membentuk loop atau putaran animasi. Misalnya utnuk membuat animasi looping pendek, tiga atau empat frame dari burung yang mengepakkan sayapnya. Kebnyakan perangkat lunak animasi memungkinkan anda membuaat animasi looping dari animasi yang pendek ini.
  1. Animasi Spline
Spline adlah representasai matematis dari kurva. Bila objek bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, mislanya berbentuk kurva. Program animasi computer memungkinkan anda untuk membuat animasi spline dengan lintasan gerkan berbentuk kurva.
Untuk mendefinisikan animaasi spline, posisi pertama anda pada sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak.

5
Titik pijak mendefinisikan awal da akhir titik dari bagian kurva yang berbeda. Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan anda untuk mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak.
Sebagian besar program animasi memungkinkan anda untuk membuata variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerkan mempunyai belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara canggih.
  1. Animasi Vektor(Vector Animation)
Sebuah vektor merupakan garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan panjang. Animasi vector serupa dengan animasi sprite. Animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vector menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus ini serupa dengan rumus yang menggambarkan kurva sprite. Animasi vector menjadikan objek ber gerak dengan memvariasukan ketiga parameter ujung-pangkal, arah, dan panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek. Macromedia adalah industry terdepan dalam perangkat lunak animasi berbasis vector. Perangkat lunak Flash yang dikembangkan Macromedia menggunakan vector graphics untuk membuat animasi serta interactive graphics untuk digunakan di web. Macromedia telah menerbitkan format file Flash(.swf) sebagai sebuah standara terbuka. Untuk informasi lebih lanjut, ikuti link situsweb Macromedia Flash, di mana anda bias mengunjungi sebuah galeri Web pages yang berisi Flash animators dan mendownload Flash gratis selama periode percobaan 30 hari.
  1. Animasi Karakter(Character Animation)
Animasi karakter merupakan sebua cabang khusus animasi. Animasi karakter semacam yang anda lihat dalam film kartun.



6





Animasi lainnya, misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk organic yang komplek dengan penggandaan yang banyak, gerakan yang hiarrkis. Tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua gerakan pada waktu yang sama.
Meskipun untuk membuata animaasi tunggal dan bitmap mudah, tetrapi untuk membuata animasi karakter yan ghidup da menyakinkan merupakan sebuah seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengerjaannya, yang dapat dipakai untuk animasi karakter, antara lain Maya Unlimited, Film kartun Toy Story, dan Monster Inc. dibuata dengan Maya Unlimited.
  1. Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi 2D biasa juga disesbut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gamabr yang lucu. Dan film kartun ini kebnyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby doo, dll. Meski yang popular kebanyakan film Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.
  1. Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan teknologi dan computer yang membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang da maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-lombalah studio flim dunia memproduksi film sjejnis.Bermunculanlah, Bugs Life, Ants, Dinosaurus, Final Fantasy, toy Story 2, Monster inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale, Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa disebut dengan #d atau CGI(Computer Generated Imagery).





7




BAB 111 PENUTUP
  1. Kesimpulan
Setelah membaca materi diatas dapat kita simpulkan Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan.Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis.Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri.Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Terdapat enam jenis objek: teks, grafis, bunyi, video, dan animasi. Animasi berarti gerakan image atau video, contohnya gerakan orang yang melakukan suatu kegiatan. Macam-macam animasi seperti berikut:Animasi Sel(Cell Animation), Animasi Frame(Frame Animation), Animasi Sprite(Sprite Animation), Animasi Lintasan(Path Animation), Animasi Spline, Animasi Vektor(Vector Animation), Animasi Karakter(Character Animation), Animasi 2D (2 Dimensi), Animasi 3D (3 Dimensi)








8





DAFTAR PUSTAKA
  1. M.Suyanto(2003,2005).MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.








































9

1 comment :