PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPONEN-KOMPONEN
MULTIMEDIA
MULTIMEDIA
“ANIMASI”
OLEH:
ELA DWI ANGGRAINI (1500018140 , C)
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
UNIVERSITAS
AHMAD DAHLAN
2015
PENGANTAR
TEKNOLOGI INFORMASI
KOMPONEN-KOMPONEN
MULTIMEDIA
"ANIMASI”
KATA
PENGANTAR
Assalamuallaikum
wr.wb
Puji
dan syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, karena atas izin-Nya kami
dapat menulis makalh ini dan menyelesaikan tepat pada waktunya.
Dengan
ini saya mengucapkan terima makasih kepada orang tua saya yang selalu
memberi inspirasi dan semangat kepada saya. Dan yang kedua kepada
bapak Yana Hendriana sebagai dosen Pengantar Teknologi Informasi,
semoga ilmunya berkah dan bermanfaat untuk saya dan teman-teman
kususnya kelas C.
Makalah
ini dibuat untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengantar
Teknologi Informasi dan Makalah ini berjudul “Komponen-Komponen
Multimedia “Animasi” “. Adapun makalah ini akan membahas
tentang multimedia,komponen multimedia, animasi multimedia.
Makalah
ini belum sempurna seperti apa yang diharapkan, oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan sran dari pembaca sehingga makalah ini
menjadi sempurna. Namun , adanya makalah ini diharapkan dapat
memberikan pengetahuan kepada pembaca untuk menambah pengetahuan
mengenai Multimedia dan Komponen-komponennya.Semoga makalah ini dapat
bermanfaat , khususnya bagi penulis serta pembaca dan umumnya
masyarkat luas.
Wassalamuallaikum
wr.wb
Yogyakarta,
Oktober 2015
Penulis
I
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar………………………………………………………………….……....I
Daftar
Isi………………………………………………………………………………....…II
BAB
1 PENDAHULUAN………………………………………………………….........III
a.Latar
Belakang……………………………………………………………..............…III
b.Tujuan………………………………………………………………….…IV
c.Rumusan
Masalah………………………………………………….....IV
BAB
11 PEMBAHASAN
Pengertian
Multimedia………………………………………………….…........................1
Komponen
yang ada di Multimedia………………………………..…2
a.teks……………………………………………………………...…..2
b.Grafik………………………………………………………………..2
c.Bunyi………………………………………………………………...2
d.Video……………………………………………………………..….3
e.Animasi………………………………………………………….….3
BAB
111 PENUTUP
Kesimpulan
………………………………………………………………...8
DAFTAR
PUSTAKA…………………………………….……………………...…9
II
BAB
1 PENDAHULUAN
- Latar Belakang
Teknologi
multimedia lahir dari hasil perpaduan antara kemajuan teknologi
elektronik, teknik komputer dan perangkat lunak. Kemampuan
penyimpanan dan pengolahan gambar digital dalam belasan juta warna
dengan resolusi tinggi serta reproduksi suara maupun video dalam
bentuk digital. Multimedia merupakan konsep dan teknologi dari unsur
- unsur gambar, suara, animasi serta video disatukan didalam komputer
untuk disimpan, diproses dan disajikan guna membentuk interaktif yang
sangat inovatif antara komputer dengan user. Teknologi Multimedia
merupakan perpaduan dari teknologi komputer baik perangkat keras
maupun perangkat lunak dengan teknologi elektronik, perkembangan
serta pemanfaatan teknologi multimedia banyak digunakan hampir
diseluruh aspek kegiatan.
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks,
suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi
(link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya
dan berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk
teks (huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini,
tentu informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan
kedua indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan
aslinya atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan.Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis.Di dunia pendidikan, multimedia
digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri.Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media
profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan dalam sistem e-learning.
III
- Tujuan
- Agar mahasiswa mengerti arti dari multimedia
- Agar mahasiswa mengerti komponen-komponen multimedia
- Agar mahasiswa mengerti macam-macam animasi
- Rumusan Masalah
- Apakah pengertian dari multimedia
- Apa saja komponen-komponen multimedia
- Apa saja macam-macam animasi
IV
BAB
11 PEMBAHASAN
- Pengertian Multimedia
Panduan
untuk menguassai multimedia harus dimulai dengan definisi multimedia.
Multimedia diambil dari kata multi da media . Multi berarti banyak
dan media berarti media atau perantara. Multimedia adlah gabungan
dari beberapa unsur yaitu teks,grafik, suara, video dan animasi yang
menghasilkan presentasi yang menakjubkan, Multimedia juga mempunyai
komunikasi interaktif yang tingii. Bagi pengguna computer multimedia
dapat diartikan sebagai informasi computer yang dapat disjaikan
melalui audio atau video,teks, grafik da animasi. Dalam industry
elektronika, Multimedia adalah kombinas dari computer dan video
(Rosh, 1996) atau Multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga
elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCpormick, 1996) atau
Multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau
output dari data, media ini dapat audio(suara,
music),animasi,video,teks, grafik dan gambar(Turban dkk,2002)atau
Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang
dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,grafik, audio, dan
gambar video(Robin dan Linda,2001).
Dalam
definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama,
harus ada computer yang mengkoordinasikan apa yang dilihta dan
didengar, yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada link yang
mneghubungkan kita dengan informasi.Ketiga, harus ada alat navigasi
yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling
terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk
mengumpulkan, memproses, dan mengkomunikasikan komunikasi informasi
dan ide kita sendiri. Jika salah satu komponen tidak ada makan bukan
multimedia dalam arti luas namanya.
1
- Komponen yang ada di Multimnedia
Definisi
multimedia di bab sebelumnya menekan pentingnya peran yang dimainkan
link dalam menyediakan jalan bagi pengguna unuk berinteraksi dan
melakukan navigasi. Bab ini akan menjelaskan definisi objek-objek
link tersebut dengan mengurai multimedia melalui pendekatan
taksonomi. Terdapat enam jenis objek: teks, grafis, bunyi, video, dan
animasi.Peran masing-masing objek dalam kesseluruhan system
multimedia dijelaskna dalam bab ini. Namun, disini saya akan membahas
lebih spesifik mengenai animasi.
- Teks
Bentuk
data multimedia yang paling mudah disimpan dan dikenalkan adalah
teks. Teks merupakan yang paling dekat dengan kita dan yang paling
banyak kita lihat. Teks dapat berbentuk kata, surat atau narasi dalam
multimedia yang menyajikan bahasa kita.Kebutuhan teks bergantung pada
kegunaan aplikasi multimedia. Macam-macam teks seperti: teks cetak,
teks hasil scan,electronic text, dan hyperteks.
- Grafik
Secara
umum. grafik berarti gambar atau garis (line drawing). Manusia
sangat berorientasi pada visual (visual oriented), dan
gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi.
Grafik merupakan komponen penting dalam multimedia. Macam-macam
garfik seperti: gambar vector, clip art, gambar bitmap, digitized
picture,dan hyperpicture.
- Bunyi
Bunyi
dapat lebih memperjelas pengertian yang ditampilkan dalam teks dan
video. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang
dilihat melalui video. Bunyi dapat memberikan lebih menjelaskan
karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound
effect).
Macam-macam
objek bunyi seperti: format waveform audio, aiff, datt, ibf, mod,
rmi, sbi, snd, voc, au, MIDI sound track, compact disc audio, dan MP3
file.
2
- Video
Video
adalah teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan
dan menata ulang gambar bergerak. Biasanya menggunakan film seluloid,
sinyl elektronik, atau media digital. Video juga bias dikatakan
sebagai gabungan gambar-gambar mati yang dibaca berurutan dlam suatu
waktu dengan kecepatan tertentu. Gambar-gambar yang digabung tersebut
dinamakan frame dan kecepatan pembacaan gambar disebut dengan frame
rate, dengan satufps. Macam-macam video seperti: live video feeds,
videotape, videodisc, dan digital video.
- Animasi
Animasi
berarti gerakan image atau video, contohnya gerakan orang yang
melakukan suatu kegiatan. Konsep dari animasi adalah sulitnya
menggambarkan informasi dengan satu gambar saja, atau sekumpulan
gambar, juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan
informasi. Arsip animasi memerlukan penyimpanan yang j auh lebih
besar dari pada satu gambar.Macam-macam animasi seperti berikut:
- Animasi Sel(Cell Animation)
Kata
“Cell” berasal dari kata “celluloid”, yang merupakan material
yang digunakan untuk mambuat film gambar bergerak pada saat awal.
Sekarang, material film dibuat dari asetat (acetate), bukan
celluloid. Potongan animasi dibuat pada pada sebuah potongan asetat
atau sel(cell). Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang
membentuk sebua frame animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang
terpisah dari lembaran latar belakang dan sebuah sel untuk
masing-masing objek yang bergerak secara mandiri diatas latar
belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator memisahkan
dan menggambar kembali bagian-bagian gamabr yang berubah antara frame
yang beurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang sel latar
belakang dan sel di atasnya.
3
Misalnya
seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama
dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter
akan berjalan pada lembaran berikutnya, selanjutnya membuat karakter
ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan.
Diantara lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disisipi efek animasi
agar karakter berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk
menyisipi celah-celah tersebut disebut keyframr. Selain dengan
keyframe, proses dan terminology animasi sel dengan layering dan
tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
- Animasi Frame(Frame Animation)
Animasi
frame merupakan bentuk animasi yang paling sederhana. Diumpamakan
anda mempunyai sebuah buku yang mempunyai gambar berseri di tepi
halaman berurutan. Bila jempol anda membuka buku dengan cepat, maka
gambar kelihatan bergerak. Pada computer multimedia, animasi buku
tersebut m,enampilkan sebuah gambar yang berurutan secaracepat.
Antara gambar satu(frame satu) dengan gambar lain(frame lain)
berbeda. Kalau kita bayngkan bagaimana film tradisional itu diputar
dibioskop, maka dapat kita pahami bagaimana cara kerja frame
animation secara lebihbaik. Dalam sebuah film, serangkaian frame
bergerak melalui proyektor filmdengan kecepatan sekitar 24 frame per
detk. Kita bias menangkap adanya gerak di layar karena setiap frame
yang bersangkutan muncul. Mengapa 24 frame perdetik? Karena kecepatan
itu merupakan amabang batas, kurang dari itu maka yang akan kita
lihat di layar adalah gambar yang kabur.
- Animasi Sprite(Sprite Animation)
Animasi
sprite serupa dengan teknik animasi tradisional, yaitu objek yang
diletakkan dan dianimasikan pada bagian puncak grafik drngan latar
belakang diam. Sprite adalah setiap bagian dari animasi anda yang
bergerak mantul atau logo berputar.
4
Sprite
beranimasi dan bergerak sebagai objek mandiri.
Dalam
animasi sprite, sebuah gambar tunggal atau berurutan dapat
ditempelkan dalam sprite. Sprite dapat dianimasikan dalam satu
tempat, seperti halnya planet berputar atau burung bergeak sepanjang
garis lurus. Animasi sprite berbeda dengan animasi frame. Dalam
urutan masing-masing frame, Anda hanya dapat memperbaiki dari layar
yang mengandung sprite. Anda tidak dapat memperbaiki bagian dalam
yang ditampilkan layar unutk masing-masing frame, sperti yang dapat
anda kerjakan pada animasi frame.
- Animasi Lintasan(Path Animation)
Animasi
lintasan adalah animasi dari objek yang bergerak sepanjang garis
kurva yang anda tentukan sebagai lintasan. Animasi ini sangat
memnbantu jika anda membuat animasai kereta api, pesawat terbang dan
kamera yang bergerak pada lintasannya. Kadangkala animasi sprite
disebut juga animaasi lintasan., jika anda meletakkan sprite yang
bergerak sepanjang garis kurva sebagai lintasan. Sprite yang bergerak
sepanjang lintasan terseut dapat tunggal, bitmap pejal yang tidak
berubah atau dapat berupa bitmap yang diurutkan sehingga membentuk
loop atau putaran animasi. Misalnya utnuk membuat animasi looping
pendek, tiga atau empat frame dari burung yang mengepakkan sayapnya.
Kebnyakan perangkat lunak animasi memungkinkan anda membuaat animasi
looping dari animasi yang pendek ini.
- Animasi Spline
Spline
adlah representasai matematis dari kurva. Bila objek bergerak,
biasanya tidak mengikuti garis lurus, mislanya berbentuk kurva.
Program animasi computer memungkinkan anda untuk membuat animasi
spline dengan lintasan gerkan berbentuk kurva.
Untuk
mendefinisikan animaasi spline, posisi pertama anda pada sebuah titik
pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak.
5
Titik
pijak mendefinisikan awal da akhir titik dari bagian kurva yang
berbeda. Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga
memungkinkan anda untuk mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak.
Sebagian
besar program animasi memungkinkan anda untuk membuata variasi
gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerkan mempunyai
belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati
belokan. Beberapa program menyediakan pengontrol kecepatan sprite
sepanjang lintasan secara canggih.
- Animasi Vektor(Vector Animation)
Sebuah
vektor merupakan garis yang memiliki ujung-pangkal, arah, dan
panjang. Animasi vector serupa dengan animasi sprite. Animasi sprite
menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vector menggunakan rumus
matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus ini serupa dengan rumus
yang menggambarkan kurva sprite. Animasi vector menjadikan objek ber
gerak dengan memvariasukan ketiga parameter ujung-pangkal, arah, dan
panjang pada segmen-segmen garis yang menentukan objek. Macromedia
adalah industry terdepan dalam perangkat lunak animasi berbasis
vector. Perangkat lunak Flash yang dikembangkan Macromedia
menggunakan vector graphics untuk membuat animasi serta interactive
graphics untuk digunakan di web. Macromedia telah menerbitkan format
file Flash(.swf) sebagai sebuah standara terbuka. Untuk informasi
lebih lanjut, ikuti link situsweb Macromedia Flash, di mana anda bias
mengunjungi sebuah galeri Web pages yang berisi Flash animators dan
mendownload Flash gratis selama periode percobaan 30 hari.
- Animasi Karakter(Character Animation)
Animasi
karakter merupakan sebua cabang khusus animasi. Animasi karakter
semacam yang anda lihat dalam film kartun.
6
Animasi
lainnya, misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan bentuk
organic yang komplek dengan penggandaan yang banyak, gerakan yang
hiarrkis. Tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak
tetapi semua gerakan pada waktu yang sama.
Meskipun
untuk membuata animaasi tunggal dan bitmap mudah, tetrapi untuk
membuata animasi karakter yan ghidup da menyakinkan merupakan sebuah
seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengerjaannya, yang
dapat dipakai untuk animasi karakter, antara lain Maya Unlimited,
Film kartun Toy Story, dan Monster Inc. dibuata dengan Maya
Unlimited.
- Animasi 2D (2 Dimensi)
Animasi
2D biasa juga disesbut dengan film kartun. Kartun sendiri berasal
dari kata Cartoon, yang artinya gamabr yang lucu. Dan film kartun ini
kebnyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali, baik yang di TV
maupun di Bioskop. Misalnya: Shincan, Looney Tunes, Pink Panther, Tom
and Jerry, Scooby doo, dll. Meski yang popular kebanyakan film
Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun.
- Animasi 3D (3 Dimensi)
Perkembangan
teknologi dan computer yang membuat teknik pembuatan animasi 3D
semakin berkembang da maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari
animasi 2D. Dengan animasi 3D, karakter yang diperlihatkan semakin
hidup dan nyata, mendekati wujud manusia aslinya. Semenjak Toy Story
buatan Disney (Pixar Studio), maka berlomba-lombalah studio flim
dunia memproduksi film sjejnis.Bermunculanlah, Bugs Life, Ants,
Dinosaurus, Final Fantasy, toy Story 2, Monster inc., hingga Finding
Nemo, The Incredible, Shark Tale, Cars, Valian. Kesemuanya itu biasa
disebut dengan #d atau CGI(Computer Generated Imagery).
7
- Kesimpulan
Setelah
membaca materi diatas dapat kita simpulkan Multimedia adalah
penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya dan
berkomunikasi. Bila dibandingkan dengan informasi dalam bentuk teks
(huruf dan angka) yang umumnya terdapat pada komputer saat ini, tentu
informasi dalam bentuk multimedia yang dapat diterima dengan kedua
indra penglihatan manusia dalam bentuk yang sesuai dengan aslinya
atau dalam dunia yang sesungguhnya (reality).
Multimedia
sering digunakan dalam dunia hiburan.Selain dari dunia hiburan,
Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.Multimedia dimanfaatkan juga
dalam dunia pendidikan dan bisnis.Di dunia pendidikan, multimedia
digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara
sendiri-sendiri.Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media
profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi
dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Terdapat
enam jenis objek: teks, grafis, bunyi, video, dan animasi. Animasi
berarti gerakan image atau video, contohnya gerakan orang yang
melakukan suatu kegiatan. Macam-macam animasi seperti berikut:Animasi
Sel(Cell Animation), Animasi Frame(Frame Animation), Animasi
Sprite(Sprite Animation), Animasi Lintasan(Path Animation), Animasi
Spline, Animasi Vektor(Vector Animation), Animasi Karakter(Character
Animation), Animasi 2D (2 Dimensi), Animasi 3D (3 Dimensi)
8
DAFTAR
PUSTAKA
- M.Suyanto(2003,2005).MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
9
Wow, disini juga ada lo kak http://publish.lycos.com/cartoonsss/2018/08/04/cartoon/.
ReplyDelete