Ada 3
cara Input melalui keybord di java pada netbeans :
1. Scanner
2. BufferedREader
3. JoptionPane
1.
Scanner
Apa sih keunggulan dari
Scanner dibanding BufferedReader dan Joption ? Nah bagi kalian yang masih
bingung inilah penjelasan keunggulan Scanner, Scanner tidak perlu
mengkonversikan variabel lai ketika ada perhitungan matematika alias bisa
langsung dihtiung.
Syntax :
“ Scanner ContohInput = new
Scanner(System.in); “
ContohInput
merupakan variabel.
“ new Scanner(System.in) “ berfungsi untuk menciptakan suatu objek baru.
Namun
jangan sampai lupa untuk menambahkan syntax “import java.util.Scanner; “ agar
kelas Scanner bisa digunakan.
2.
BufferdReader
Fungsi InputStreamReader +
BufferedReader perlu dikonversikan
terlebih dahuliu sebelum melakukan perhitungan matematika pada variabel yang
akan digunakan.
Syntax :
“ BufferedReader
DataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in)); “
Syntax
diatas menyatakan bahwa anda mendeklarasikan variable DataIn yang bertipe kelas buffered.
Ketik
syntax “ String Nama = ” “ ; “ untuk
menyimpan input dari user.
Ketik
syntax “System.out.print
("Masukan Nama Anda : “ ); “ untuk memberikan output string pada layar.
Gunakan bariis try-catch block seperti dibawah
try{
Nama=DataIn readLine();
}
cath(IOExceptione){
System.out.println("Error!");
}
Ketik "System.out.println("Halo" + Nama + "!"); " untuk mengoutputkan.
try{
Nama=DataIn readLine();
}
cath(IOExceptione){
System.out.println("Error!");
}
Ketik "System.out.println("Halo" + Nama + "!"); " untuk mengoutputkan.
Jika
menggunakan kelas Buffered jangan lupa memberikan
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
Pada packagenya :
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
Pada packagenya :
3.
JoptionPane
JOptionPane yang merupakan packages dari javax.swing, digunakan untuk input dan output data berbasis GUI swing. Tampilannya memudahkan pengguna karena berupa dialog box.
JOptionPane yang merupakan packages dari javax.swing, digunakan untuk input dan output data berbasis GUI swing. Tampilannya memudahkan pengguna karena berupa dialog box.
Jangan lupa memberi package
“ import
javax.swing.JOptionPane; “
Membuat sebuah JoptionPane input dialog, yang akan
menampilkan dialog dengan sebuah pesan, sebuah text file dan tombol OK.
“ Nama = JOptionPane.showInputDialog("Silahkan
Masukan Nama Anda"); “
Hasil dialog tersebut adalah String dan disimpan
kedalam variabel Nama.
“ String namaku = "Hallo " + Nama +
"!"; “ untuk membuat pesan selamat datang, yang akan disimpan kedalam
variabel namaku
“ JOptionPane.showMessageDialog (null, namaku); “
untuk menampilkan sebuah dialog yang memiliki sebuah pesan dan tombol ok.
0 comments :
Post a Comment