Monday, January 2, 2017

Cara Membuat Database, Tabel dan Mengisi Data Pada Tabel dengan MySql

MySql merupakan turunan dari salah satu konsep utama dalam database untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukan data yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan secara mudah dan otomatis. Database merupakan kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu file dengan file yang lain sehingga membentuk data untukmenginformasikan satu perushaan dan instansi.


Untuk menerapkan cara dibawah perlu anda memiliki aplikasi XAMPP. Program ini memang dijalankan di browser namun tidak perlu memakai internet kok. Oke jika aplikasinya sudah terinstal silahkan ikuti langkah-langkah berikutnya seperti dibawah untuk membuat database, tabel dan mengisi data pada tabel dengan MySql.

Langkah membuat database :
  1.  Bukalah aplikasi XAMPP yang telah anda install terlebih dahulu. Aktifkan Apache dan MySql dengan cara klik Start pada keduanya.
  2. Membuata database terdapat 2 cara yaitu pertama dengan melalui php myadmin, Caranya klik kolom admin di bagian mysql maka akan muncul tampilan seperti berikut.
  3. Klik pada kolom Database kemudian isilah nama database yang anda inginkan. Kemudian klik create pada sebelah kanannya. Jika database berhasil dibuat maka akan muncul tampilan seperti ini.
  4.  Setelah membuat database anda bisa menggunakannya dengan cara klik tombol XAMPP-shell pada aplikasi XAMPP.
  5. Pertama ketik = mysql –u root –p (enter)ini merupakan syntax untuk mengawali mysql. Enter password (tidak perlu diisi langsung enter saja).
  6. Cara kedua dalam membuat database yaitu dengan cara ketik ‘ create database mycoding. Syntax = create database nama_database.
  7. Jika anda sudah membuat database melalui phpmyadmin langsung saja ketikkan ‘ show database;    untuk melihat file database.
  8.  Untuk menggunakan salah satu dari database yang telah ada yaitu ketik‘ use codingku; ‘ Syntax = use nama_database;

Langkah membuat tabel dan mengisi data tabel :
  1. Dengan cara awal yang sama dengan diatas setelah membuat database kita baru bisa membuat tabel, ketiklah syntax berikut :

“ create table nama_tabel  ( nama_variabel1 tipe_data (ukuran huruf/angka dari nama_variabel1) NOT NULL PRIMARY KEY, nama_variabel2 tipe_data (ukuran huruf/angka dari nama_variabel2) ); “
           Contoh penerapan :
“ create table mahasiswa ( nim varchar (15) NOT NULL PRIMARY KEY, nama varchar (20), alamat varchar (30) ); “



            2. Mengisi data di table caranya sangatlah mudah dengan ikuti syntax berikut :
“ insert into nama_tabel  value (‘data_variabel1’ , ‘data_variabel2’ , ‘data_variabel3’ ); “
          Contoh penerapan :
“ insert into mahasiswa  value (‘1500018140’ , ‘Ela Dwi A’ , ‘Yogya’ ); “



            3.  Agar kita bisa tau data yang telah dimasukkan maka ketiklah :
“ select * from nama_tabel; “
          Contoh penerapan :
“select * from mahasiswa; “

0 comments :

Post a Comment