Monday, May 16, 2016

REFLEKSI 9

Assalamuallaikum wr. wb.

    Hai masih berlanjut kuliah algoritma pemogramannya !
     Pertemuan minggu ke-9 ini tak seperti biasanya karena biasanya perkuliahan dilaksanakan setiap rabu pagi namun minggu ini dilakukkan sabtu siang, maka dari itu refleksinya baru dibuat hehe.
     Pertemuan ini membahas tentang SORTING, namun sebelum ke sorting kita bahas pengembangan masalah yang terdiri ada 5 steps :
     1. Mengidentifikasi masalah.
     2. Menentukan input dan output.
     3. Membuat flowchart.
     4. Test menggunakan data.
     5. Implementasi ke bahasa pemrograman.
     6. Compiler/Running program.
Sorting atau (pengurutan) dimana sorting sendiri dibagi menjadi 3 yaitu :
     1. Buble Sorting
         Dimana buble sorting merupakan pengurutan gelembung. contoh kita masukkan nilai 9, 8, 7, 6, 5, 4. Pertama kita bandingkan nilai pertama dan kedua, 9 dan 8 merupakan 9>8 maka yang dtulis dahulu adalah 8 dan itu akan diproses sampai bilangan itu menjadi ascending jadi 4, 5, 6, 7, 8, 9.
   
     2. Selection Sorting
         Dimana selection sorting merupakan penyeleksian contoh : 9, 8, 7, 6, 5, 4. Merupakan 9 indeks 1, 8 indeks 2 dst...4 indeks 6. Selection berpacuan dengan
int terkecil(int*A, int n)
void terkecil (int *A, int n, int &min, int &posisi)

     3. Insertion Sorting
         Dimana insertion sorting merupakan pengurutan berdasarkan penyisipan nilai. Misal dalam bermain kartu, awal kita belum memegang kartu. Setelah kita mengambil 1 dengan nilai 7 maka kartu akan diletakkan ditempat terserah karena kita baru mempunya 1 kartu. Jika dalam pengambilan kartu kedua kita ambil nilai 10 maka nilai akan berada diindeks ke 2 yaitu dikanan angka 7. Kemudian jika kita mengambil lagi kemudian dengan nilai 3 maka kita akan membandingkan kartu yang telah ada tadi dengan 10>7 maka nilai 10 akan bergeser ke indeks 3 dan nilai 3 akan berada di indeks 2 yaitu antara nilai 7 dan 10, karena dengan perbandingan 7>3.

Sekian materi yang telah disampaikan dosen.
Semoga bermanfaat !

Wasslamuallikum wr.wb.

0 comments :

Post a Comment